SEJARAH

  21 Maret 2017  |  DESA KEMBIRITAN

1. Asal Usul Desa        

 

Pada th 1919 datanglah seorang pengembara bersama saudara dan sahabatnya, mereka berasal dari pulau Jawa wilayah barat (Jawa Tengah). Rombongan ini akhirnya merasa cocok dan mulailah membuka lahan yang masih berupa hutan belantara. Pada mulanya rombongan ini menetap di wilayah barat yang berbatasan langsung dengan wilayah desa Genteng Wetan. Dalam komunitas ini lambat laun berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan jaman, kemudian daerah ini dinamai Krajan.

Tokoh yang memimpin rombongan ini kemudian dikenal dengan nama Rekso Wono. Perlahan-lahan akhirnya pembukaan hutan belantara ini semakin luas, di hutan belantara ini banyak ditumbuhi pohon Jembirit, kemudian dari nama pohon inilah diabadikan dalam bentuk nama desa, yaitu “Desa Kembiritan”.

Dari Krajan yang merupakan pusat keramaian dan pusat semua aktifitas diantara mereka, untuk mempercepat perluasan lahan babatan dibagilah menjadi beberapa rombongan. Kemudian munculah beberapa dusun, yang totalnya terdiri dari tujuh dusun, yaitu Dusun Krajan I, Dusun Krajan II, Dusun Kaliputih, Dusun Temurejo, Dusun Pandan, Dusun Ringinsari dan Dusun Cendono.

Wilayah Desa Kembiritan terdiri dari 60 RT, dengan luas wilayah 1.516 Ha, jumlah penduduk 18.512 jiwa terdiri dari laki-laki sebanyak 9.281 jiwa dan perempuan sebanyak 9.231 jiwa, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

  1. Barat : Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng
  2. Timur : Desa Sumbersari Kecamatan Srono
  3. Utara : Desa Karangsari Kecamatan Sempu
  4. Selatan : Desa Wringinrejo kecamatan Gambiran

Dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 6.793 yang tersebar di tujuh dusun.

Contact Details

  Alamat :   Jl.Raya Pandan Kembiritan No. 198
  Email : desa.kembiritan@gmail.com
  Telp. : (0333) 848195
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi